Ciracas, 11 Mei 2013, Rangkaian event kopdar dalam rangka menuju kebersamaan di 9 Tahun DTC kali ini berlokasi di Jalan Raya Bogor Km. 26, Acara yang sedianya di jadwalkan pada bulan April ini sengaja di mintakan re-schedule ke pihak NGK agar dapat dilaksanakan pada bulan Mei, dimana pada bulan tersebut sudah menunggu rangkaian kegiatan Kopdar Milad DTC ke-9 yang lain. Diawali dengan Line Up melalui milis dan fanpage FB DTC, terkumpul peserta sejumlah 25 KR.


PT. NGK Busi Indonesia merupakan salah satu bagian dari NGK dan NTK group yang berpusat di Nagoya, Jepang. Perusahaan yang berdiri 36 tahun silam ini mulai membuka pabriknya di Indonesia sejak tahun 1977. Pabrik di Indonesia ini merupakan ketiga terbesar di dunia setelah Jepang dan Brazil. NGK dan NTK sendiri merupakan merk dagang atas beberapa produk yang digunakan di bidang otomotif, industry dan medis.

about

Lini Produk NGK dan NTK

PT. NGK Busi Indonesia sendiri sejak beberapa bulan yang lalu secara rutin mengadakan plant visit atau kunjungan pabrik bagi komunitas otomotif roda dua maupun roda empat. Kali ini Daihatsu Taruna Club mendapatkan kesempatan tersebut.

945293_560457147311110_770357504_n

Setelah semua peserta lengkap, rombongan plant tour bergerak meninggalkan Tikum di pelataran parkir BNI ke pabrik yang tidak jauh dari situ. Begitu selesai memarkir mobil kami disambut oleh Pak Zulfikar, salah satu Marketing di PT. NGK Busi Indonesia selanjutnya setelah beramah tamah, kami photo bersama di depan lobby kantor PT. NGK Busi Indonesia dan selanjutnya kamipun diajak ke ruang training. Di sini kami diperkenalkan ke Pak Asep, Technical Manager PT. NGK Busi Indonesia .

942763_560493197307505_1392441377_n
Tanpa banyak basa-basi, pak Asep langsung mulai presentasinya dari mulai pengenalan teknis mesin, fungsi dan jenis busi, dari mulai busi standar hingga busi Platinum dan Iridium, cara membaca kode busi hingga cara membedakan busi asli dan palsu.

busi

Jenis Busi NGK untuk Penggunaan Harian

Begitu banyak pengetahuan baru dan beberapa salah kaprah yang dikoreksi di forum diskusi santai ini. Salah satunya fakta bahwa busi racing yang banyak dicari orang ternyata tidak cocok dipakai harian karena dapat menyebabkan kendaraan sulit di start.
Sekitar pukul 11 siang, kunjungan pabrik dimulai, kami diajak melihat proses fabrikasi busi dari mulai bahan mentah berupa pipa silinder biasa, pemasangan keramik busi, pemeriksaan dan uji produk hingga pengepakan busi. Adapun pertahunnya PT. NGK Busi Indonesia ditargetkan mampu memproduksi hingga 2.5 juta buah busi.

start

Line Up Plant Tour

bahanmentah

Bahan Mentah Busi

dibentuk1

Busi Dibentuk dengan Mesin ini

dibentuk

Proses Bahan Setengah Jadi

setengahjadi

Bahan Setengah Jadi

pasangelektroda

Proses Pemasangan Elektroda Busi

pasangujung

Proses Pemasangan Ujung Busi

seleksi

Proses Quality Control

qc

Proses Quality Control

packing

Packing menurut jenis dan serinya

Selesai keliling pabrik sekitar jam 11.30 WIB, DTCer langsung di ajak ke kantin PT. NGK Busi Indonesia untuk makan siang.

182755_4708351153608_1206677250_n

Makan siang

Usai makan siang acara pun berakhir, para DTCers kembali masuk ke mobil masing-masing untuk melanjutkan perjalanan pulang melintas menuju kemacetan ibukota di hari sabtu siang nan terik, konvoi sebagian peserta dilanjut menuju ke rumah salah seorang member DTC (Yayat Soto Babe Jamsari – Kebonjeruk) yang sedang Ulang Tahun di hari yang sama, sebagian lagi melanjutkan pulang ke rumah masing-masing dengan membawa pengalaman dan ilmu baru yang telah diperoleh dari PT. NGK Busi Indonesia.

Ucapan Terima kasih untuk :
Bapak Zulfikar Marketing PT. NGK Busi Indonesia